Tata Cara Registrasi Operator Sekolah

| 0 comments

Sekilass tata cara pengiriman SK/Surat Tugas Operator Dapodik Sekolah ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id pertama yang harus disiapkan adalah SK/Surat Tugas Operator yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah tempat kita bertugas, kemudian di scan dari printer ke komputer.

Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi Operator Sekolah:
  1. buka link http://sdm.data.kemdikbud.go.id
  2. klik tabs panel Registrasi Anggota
  3. ada 2 pilihan pada tabs registrasi anggota yaitu Dinas dan Operator Sekolah, klik aja pada Operator Sekolah
  4. lakukan registrasi dengan benar yaitu mengisi semua kolom yang ditampilkan pada halaman registrasi
  5. pada kolom Surat Penugasan silakan klik tombol Browse...lampirkan SK/Surat Tugas Operator yang telah discan.
Cukup sekian info dari saya, terima kasih telah mampir di blog ini.

Silakan unduh SK/Surat Tugas Operator disni

Sekedar catatan : Jika anda tidak bisa melakukan registtrasi, berarti anda sudah terdaftar pada website tersebut. Anda tinggal login menggunakan akun sekolah yang anda gunakan pada aplikasi Dapodikdas.

Sosialisasi Dapodikdas 2014

| 0 comments

Alhamdulilah Sosialisasi Dapodikdas 2014 udah kelar, sekarang saya mau bagi-bagi info buat teman-teman sesama Operator Sekolah.

Ternyata Dapodikdas 2014 agak lebih sulit mengerjakannya, setiap Operator Sekolah harus memiliki SK atau Surat Tugas Operator Sekolah yang dipergunakan untuk registerasi ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagai bukti bahwa kita benar-benar terdaftar sebagai Operator Dapodik.

Selain itu juga ada perubahan link website Dapodikdas 2014. silakan teman-teman lihat link website tersebut  di bawah ini:
 Cukup sekian info dari saya, mudah2an bermanfaat bagi kita semua sebagai Operator Dapodik.

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2014/2015

| 0 comments

Gak terasa liburan tinggal hari ini, ntr besok masuk sekolah lagi seperti biasa. Rasanya pengen libur lebih lama lagi, tapi tanggung jawab kita sebagai pendidik harus kita patuhi bersama.

Bagi teman-teman pendidik yang belum punya Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2014/2015 silakan unduh aja disini

Semoga bermanfaat bagi kita semua!!

SPJ BOS Triwulan II Tahun 2014

| 0 comments

Udah lama gak bikin artikel di blog ini, mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini sangat bermanfaat bagi kita semua.

Baiklah sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat idul fitri 1435 H minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.

Ok! langsung saja ya kita simak bersama-sama apa yang akan saya tulis. Gak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya yaitu mengenai SPJ BOS Triwulan II Tahun 2014. Jika ada yang berminat silahkan kirim email ke saya junsdn1ba@gmail.com.

Lho mana artikelnya?? Maaf artikelnya cuma dikit hehehehe.

SPJ BOS Triwulan I Tahun 2014 Lengkap

| 4 comments

Assalamualaikum n salam sejahtera serta sehat wal'afiat selalu bagi rekan-rekan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Karena semakin banyak permintaan dari teman-teman yang sangat membutuhkan contoh format SPJ BOS Triwulan I Tahun 2014, maka dengan senang hati akan saya postingin untuk teman-teman semua.

Langsung saja saya persembahkan filenya secara gratis untuk membantu kelancaran sekolah-sekolah dalam mencairkan dana BOS Triwulan II Tahun 2014, karna saya kurang inofativ dalam membuat postingan hehehe.....


Alhamdulillah selama pengerjaan SPJ tersebut tidak terdapat kendala yang berat, cuma habis bergadang selama 1 malam langsung demam....

Selamat mencoba semoga sukses!!!

Informasi Terkini Jadwal Sinkronisasi Dapodikdas 2013

| 0 comments

Barusan ngunjungin http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id dan menemukan informasi penting mengenai jadwal sinkronisasi dapodikdas 2013 yaitu sebagai berikut:

Dalam rangka optimalisasi proses sinkronisasi dan pengaturan traffic pengiriman data maka di buat jadwal sinkronisasi berdasarkan wilayah, hal ini agar beban server dapat diatur, jika melakukan sinkronisasi diluar jadwalnya, maka akan ada pencegahan dari sistem. semoga dapat mempermudah rekan-rekan semua.

 

Semoga informasi ini bermanfaat buat agan-agan yang membutuhkan, sukses selalu!!!

Spesifikasi PlayStation 4

| 0 comments

PlayStation 4 (PS4) merupakan game konsol teranyar dari Sony dengan teknologi grafis seri terbaru AMD Radeon 1.84 TFLOPS yang akan memberikan tampilan grafis berkualitas tinggi sehingga bermain games terasa seperti nyata. Sony PlayStation 4 dilengkapi prosesor Octa-core AMD Jaguar yang didukung oleh RAM 8 GB GDDR5. Kapasitas penyimpanannya mencapai 500 GB, ditunjang dua port USB 3.0, satu port AUX, dan satu port HDMI. Sedangkan koneksinya terdiri atas Wi-Fi dan Bluetooth 2.1 +EDR. PS4 juga didukung kamera dengan resolusi 1.280 x 800 pixel dengan pixel capture 60 frame per detik.

Beli Sony Playstation 4 termurah di Indonesia! Belanja online di Lazada.co.id sekarang dan temukan diskon Sony Playstation dan Peralatan Elektronik lainnya untuk mendapatkan harga terbaik. Nikmati promo dan tawaran ekslusif untuk produk Sony Konsol disertai dengan Layanan Customer service terbaik dan berbagai pilihan jenis pengiriman dan pembayaran termudah.

Spesifikasi

SKU : SO888ELACGWDANID-134268
Ukuran (L x W x H cm) : 12x11.5x7.25
Processor : CPU: x86-64 AMD 'Jaguar' 8 cores
Memory : 8GB
Hardisk : 500GB
Optical Drive : BD 6xCAV & DVD 8xCAV
I/O and communication : Ethernet, IEEE 802.11 b/g/n and Bluetooth
AV Output : HDMI, Analog-AV out and Digital Output (optical)

World Cup 2014 Home Jersey Part II

| 0 comments

2014-15 Uruguay Home World Cup Football Shirt
Adidas Nigeria Home Jersey World Cup 2014 Green
Adidas Denmark's Home Jersey World Cup 2014
Chile 2014 FIFA World Cup Home Jersey
2014-15 Cameroon Home World Cup Football Shirt
2014-15 Ghana Home World Cup Football Shirt

World Cup 2014 Home Jersey Part I

| 0 comments

2014-2015 Brazil Home World Cup Football Shirts
Adidas DFB Germany Home Soccer Jersey World Cup 2014
Adidas Spain Home Jersey World Cup 2014
2014-15 Italy Home World Cup Football Shirt
Adidas Argentina Home Jersey World Cup 2014
South Korea Soccer Home jersey World Cup 2014
Adidas Colombia Home Jersey 2014
2014-15 Croatia Home World Cup Football Shirt
2014-15 Australia Home World Cup Football Shirt

Contoh RKAS BOS 2014

| 2 comments


Meski agak telat informasinya tapi saya akan tetap sampaikan kepada bapak dan ibu yang membutuhkan referensi mengenai RKAS BOS 2014. Dalam artikel ini sudah saya siapkan contohnya lengkap beserta pos-pos belanja yang sesuai dengan 8 Standar Pendidikan. Langsung saja bapak dan ibu bisa download Contoh RKAS BOS 2014 di bawah ini:


Catatan:
  • Untuk jumlah dana yang diterima sekolah masing-masing yaitu Jumlah Siswa x Rp 580.000,- = ......
  •  Format yang digunakan sesuai dengan Aplikasi ALPEKA 2014 
  • Persentase masing-masing standar yaitu 6 standar 10% dan 2 standar 20% dilihat dari rencana belanja yang akan dikeluarkan pada masing-masing komponen

Persyaratan Pencairan Dana BOS Triwulan II Tahun 2014

| 0 comments



Pencairan dana BOS Triwulan II Tahun 2014 sudah mulai dilaksanakan oleh bank penyalur masing-masing daerah. Sesuai Surat Edaran yang diterima dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten sehubungan dengan pencairan dana BOS Triwulan II Tahun 2014, maka sekolah-sekolah diwajibkan untuk menyampaikan laporan berupa:
  1. Laporan BOS Tahun 2013 (bagi sekolah yang belum menyerahkan)
  2. RAPBS (Formulir BOS-K1 Tahun 2014)
  3. RKAS (Formulir BOS-K2 Tahun 2014)
  4. BOS-K7 (Formulir Realisasi Triwulan I Tahun 2014)
  5. BOS-K7 (Formulir Pernyataan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Triwulan I Tahun 2014)
  6. BOS-K7a (Formulir Rekapitulasi Realisasi Triwulan I Tahun 2014)
  7. SPJ BOS Triwulan I Tahun 2014
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan kepada rekan-rekan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Mengapa Identitas Siswa dan PTK Tak Bisa Diubah Pada Patch 2.07

| 0 comments

Assalamualaikum dan selamat pagi buat para pengunjung blog ini...

Udah banyak yang udah tau ya klo identitas siswa dan PTK pada patch 2.07 Dapodik digembok? Kira-kira apa alasan hal tersebut dilakukan? Mari kita bahas sedikit mengenai digemboknya nama dan tanggal lahir Siswa maupun PTK seperti yang saya kutip di bawah ini:

"Nama dan tanggal lahir siswa dan pendidik dan tenaga kependidikan pada database Data Pokok Pendidikan (Dapodik) akhirnya dikunci. Operator sekolah tak lagi bisa mengubah atau mengganti nama dua entitas pendidikan tersebut.

Penguncian itu dilakukan lantaran banyak operator sekolah yang mengubah nama siswa dan guru mutasi. Mereka tidak melakukan prosedur yang ditetapkan, yaitu misalnya ada guru yang dimutasi, operator tinggal menempatkannya pada isian PTK Keluar. Operator malah melakukan kesalahan yakni mengganti identitas guru yang mutasi dengan identitas guru yang baru masuk.


Pada sistem database, mesin membaca sebuah data bukan berdasarkan teks, melainkan kode primary key yang dinamakan Global Unique Identifier (GUID). Cara kerjanya berbeda dengan manusia yang mengidentifikasi pemilik data melalui nama. Sehingga, ketika operator mengubah sebuah identitas, mesin tak ‘mengakuinya’ dan tetap mengidentifikasi pemilik identitas baru sebagai identitas lama. Pengubahan identitas tersebut mengakibatkan inkonsistensi data terekam di sistem database."


Saya  merasa sangat kecewa sedikit dengan tindakan penguncian identitas siswa dan PTK tersebut, karena setahu saya waktu dikeluarkannya patch 2.03 yaitu patch dapodikdas 2013 yang pertama kali diluncurkan sepertinya untuk penginputan data siswa serta PTK yang  masuk maupun keluar belum bisa dilakukan, setelah patch 2.05 diluncurkan pada dua bulan berikutnya hal tersebut baru bisa dilakukan.

Sebagai operator yang bertanggung jawab terhadap pengerjaan dan pelaksanaan proses penginputan data sekolah, PTK dan siswa wajar jika terjadi kesalahan prosedur penginputan dengan cara mengganti PTK yang sudah mutasi dengan PTK yang baru, siswa yang sudah mutasi dengan siswa yang baru, karena belum ada penjelasan yang lebih detail mengenai patch yang pertama sedangkan operator banyak juga yang didesak oleh PTK baru agar data mereka dimasukkan ke dalam aplikasi.

Kira-kira buat teman-teman operator yang lain kecewa gak? Sabar aja bung semua pekerjaan pasti ada kekurangan dan kelemahannya, gak ada operator yang sempurna dalam bekerja kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Sekian dan salam sejahtera semoga pekerjaan kita hari ini dan kedepannya lebih baik dan sukses.
 
© Copyright 2010-2011 SD Negeri Satu Kec. Batu Ampar Kab. Kubu Raya All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.