KATA
PENGANTAR
Tujuan
Pendidikan Nasional adalah “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas, terampil, dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa”.
Guna mencapai tujuan ini pemerintah telah menentukan tingkat satuan-satuan pendidikan yang merupakan jenjang pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, salah satu tingkat satuan pendidikan ini adalah satuan pendidikan dasar. Hal ini dapat kita lihat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi “Salah satu bentuk Satuan Pendidikan Dasar adalah Sekolah Dasar yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam Sistem Pendidikan Nasional”.
Guna mencapai tujuan ini pemerintah telah menentukan tingkat satuan-satuan pendidikan yang merupakan jenjang pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, salah satu tingkat satuan pendidikan ini adalah satuan pendidikan dasar. Hal ini dapat kita lihat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi “Salah satu bentuk Satuan Pendidikan Dasar adalah Sekolah Dasar yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam Sistem Pendidikan Nasional”.
Sebagai salah satu jenjang
Pendidikan, keberhasilan pendidikan di Sekolah Dasar akan sangat mempengaruhi
atas proses pembelajaran selanjutnya, dengan demikian Mutu Pendidikan telah
menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya.
Sehingga tujuan pembangunan nasional untuk menciptakan peningkatan sumber daya
manusia yang berkualitas dapat tercapai.
Untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional dengan kegiatan peningkatan mutu pendidikan ini, salah satu
usaha yang harus dilakukan adalah Meningkatkan profesionalisme guru sebagai
tenaga pengajar yang dapat menjamin mutu pendidikan secara sistematis dan
berkelanjutan. Guna mewujudkan hal ini salah satu hal penting yang sedang dan
akan terus dilakukan adalah revitalisasi Kelompok Kerja Guru yang ada di Gugus.
Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen No. 070/C/Kep/I/93
tentang Sistem Pembinaan Profesionalisme Guru melalui Kelompok Kerja Guru/KKG
dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah/KKKS serta Kelompok Kerja Pengawas
Sekolah/KKPS yang diimplementasikan dalam bentuk Pedoman Operasional
Pengelolaan Gugus.
Sebagai salah satu wujud
dan usaha untuk pelaksanaan profesionalisme di bidang Pendidikan ini, Kami
Pengurus Gugus I Rayon I UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan ...............,
menyusun Proposal Kegiatan KKG Gugus I sebagai Pedoman dan Dasar dalam mengelola
dan mengendalikan kegiatan gugus, sehingga kegiatan gugus dapat berjalan
seoptimal dan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kami menyadari meskipun
kami telah berusaha dengan semaksimal mungkin dalam penyajian Proposal ini, tetapi
tetap masih banyak sekali kekurangan didalamnya. Oleh sebab itu dengan tangan
terbuka kami sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan
penyempurnaan Proposal ini, sehingga dapat menjadi acuan yang valid, akuntable,
dan dapat diandalkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Semoga Allah SWT meridhoi
dan selalu memberikan petunjuk-Nya.
..............., …………………..
Ketua
KKG Gugus……………,
…………………………..
NIP. ………………………
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
a. Undang-undang
republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II
pasal 2 mengamanatkan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
b. Pada
tataran operasional, Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional diarahkan untuk
memberikan penjamin mutu pendidikan kepada masyarakat. Pada Satuan Pendidikan
Dasar sesuai dengan standar nasional dan sesuai dengan harapan serta kebutuhan
masyarakat yang terus berkembang secara dinamis dengan memberdayakan tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan yang terwadahi dalam KKG secara khusus.
c.
Dibentuknya
Gugus yang meliputi beberapa komponen didalamnya, diantaranya Pusat Kegiatan
Guru, Kelompok Kerja Guru, Kelompok Kerja Kepala Sekolah merupakan pelaksanaan
revitalisasi kegiatan untuk meningkatkan mutu guru.
d.
Dalam
rangka peningkatan mutu pendidikan dan melaksanakan program peningkatan mutu
pendidikan dan tenaga kependidikan/guru pada tahun pelajaran 2006-2007 melalui
pemberian langsung/Block Grand dapat mendukung proses revitalisasi KKG untuk
meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan untuk menuju guru yang
memiliki kualifikasi sertifikat profesional.
2.
Tujuan
Dalam rangka menciptakan guru yang
professional serta berwawasan pengetahuan yang luas dengan kemampuan dan
keterampilan yang memadai, khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan tingkat Sekolah Dasar, maka gugus dijadikan sebagai wahana untuk :
a. Meningkatkan
dan mengembangkan kompetensi guru serta memotivasi kerjasama secara kompetitif
sebagai tenaga pendidik dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dalam
meningkatkan pembelajaran sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal/SPM dalam
rangka penjamin mutu pendidikan nasional.
b.
Arena
tukar rasa pengalaman dan memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh
guru dan sebagai tempat penyebaran informasi dan komunikasi perubahan bidang
pendidikan.
c.
Sebagai
bengkel/wadah pembinaan tenaga kependidikan dalam memetakan jalan dan berperan
dalam proses peningkatan kualifikasi akademik guru.
d. Memberikan
kesempatan kepada guru yang berpotensi untuk mengembangkan kreativitas dan
berbagai kemampuan, serta wawasan pengetahuan dengan teman sejawat, dalam
proses sertifikasi guru.
e.
Memberdayakan
guru pemandu Mata Pelajaran atau kelas dan pengembangan SD Inti.
3.
Sasaran
a.
Guru
Pemandu dan Guru Kelas
b. SD
Inti beserta SD Imbasnya.
c.
Pengembangan
perangkat Kurikulum dan pembelajarannya.
d. Membangun
dan menciptakan kompetensi guru dalam proses sertifikasi guru professional.
4.
Hasil
yang diharapkan
a.
Kompetensi
guru akan meningkat menuju sertifikasi guru professional.
b.
Kinerja
guru pada gugus akan diimbaskan kepada guru lainnya.
c.
Menguasai
dan mampu mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP.
d.
Mampu
dan terampil dalam menyampaikan isi Kurikulum Berbasis Kompetensi.
e. Memiliki
kemampuan dalam menyampaikan PAKEM/Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan.
f.
Guru
dapat mengelola kelas sebagai managerial dan akademis.
g.
Dapat
membina hubungan timbal balik antara SD Inti dan Imbas.
h. Dapat
memanfaatkan lingkungan sekolah dalam pencapaian proses pembelajaran PAKEM.
5.
Manfaat
a.
Merupakan
peluang bagi guru untuk meningkatkan kompetensisesuai dengan standar nasional.
b.
Mempunyai
kemauan dalam meningkatkan PAKEM yang bermutu dan bermakna.
c.
Menciptakan
kebersamaan untuk saling memberi dan menerima demi peningkatan mutu pendidikan.
d. Terbukanya
kesempatan untuk memberdayakan KKG sebagai Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah
Dasar baik di daerah atau propinsi maupun nasional.
e.
Tempat
menyebarluaskan informasi dan tukar rasa pengalaman pembelajaran.
BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
TAHUN
PELAJARAN 20……………/ 20………….
No.
|
Jenis Kegiatan |
Waktu |
Materi Kegiatan |
Pelaksana |
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Merumuskan
Program Gugus
|
Juni
|
Pembuatan
Program Gugus
|
Ketua
Gugus
|
2.
|
Administrasi
Kelas
|
Juli
|
Jadwal
dan Alokasi Waktu
|
Guru
Pemandu
|
3.
|
Pembuatan
Program Pembelajaran
|
Agustus
|
Seluruh
Mata Pelajaran
|
Guru
Pemandu
|
4.
|
Evaluasi
dan Peningkatan Karir Guru dalam kenaikan pangkat
|
April
dan Oktober
|
-
Program
semester
-
Persiapan
Mengajar
-
Evaluasi
-
Analisis
Evaluasi
-
Bimbingan
dan Penyuluhan
-
Perbaikan
dan Pengayaan
|
Guru
di sekolah masing-masing
|
5.
|
Persiapan
Ulangan Blok Semester I
|
September
|
-
Pembuatan
kisi-kisi soal
-
Pembuatan
soal dan jawabannya
-
Teknik
Penilaian
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
6.
|
Pelaksanaan
Ulangan Blok Semester I dan Pekan Kreativitas Siswa
|
Desember
|
-
Penilaian
hasil Ulum
-
Pengisian
Daftar Nilai
-
Pengisian
Raport
-
Pencapaian
TK/DS
-
Pengisian
Buku Induk
|
Guru
di sekolah masing-masing
|
7.
|
Ujian
Praktek
|
Mei
|
Pembuatan Naskah Ujian Praktek Agama,
Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Sunda, Kertakes, dan Penjas
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
8.
|
Ujian
Sekolah
|
Mei
|
-
Persiapan
menghadapi Ujian Sekolah
-
Pembuatan
Daftar Pengawas
-
Pembuatan
Jadwal Pengawas
|
Ketua
Gugus
|
9.
|
Ulangan
Umum Semester II dan Pekan Kreativitas Siswa
|
Juni
|
-
Pembuatan
Naskah Ulangan Umum Semester II
-
Pembuatan
Kisi-kisi Soal Ulum
-
Pembuatan
Analisis dan Penilaian
|
Ketua
Gugus
|
10.
|
Porseni
|
Maret
|
Utusan jenis perlombaan ke tingkat
Kecamatan dan kabupaten
|
Ketua
Gugus
|
11.
|
Guru
Berprestasi
|
Juni
|
Utusan Guru Berprestasi ke tingkat
Kabupaten
|
Ketua
Gugus
|
12.
|
Ujian
Sekolah
|
Juni
|
Pelaksanaan
Ujian
|
Kepala
Sekolah
|
13.
|
Diskusi,
Simulasi, dan Evaluasi
|
Januari
dan Juli
|
Kurikulum
dan Pembelajaran
|
Kepala
Sekolah
|
DESKRIPSI
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
TAHUN
PELAJARAN 20………. / 20………..
No.
|
Jenis Kegiatan |
Waktu
|
Materi Kegiatan
|
Pelaksana
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Merumuskan
Program Gugus
|
Juni
|
Pembuatan
Program Gugus
|
Ketua
Gugus
|
2.
|
Pendidikan
dan Pelatihan Pengurus Gugus dan KKG
|
Januari
|
Inovasi dan Pembaharuan Kegiatan Gugus
dan KKG
|
Panitia
Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan
|
3.
|
Pembuatan
Program Pembelajaran
|
Juli
|
Seluruh
Mata Pelajaran
|
Guru
Pemandu
|
4.
|
Pekan
Kreativitas Guru dan Siswa
|
Oktober
|
Jenis
Lomba dan Seleksi
|
Panitia
Pelaksana Lomba
|
5.
|
Persiapan
Ulangan Blok Semester I
|
Oktober
|
-
Pembuatan
Kisi-kisi soal
-
Pembuatan
Soal dan Jawabannya
-
Teknik
Penilaian
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
6.
|
Pelaksanaan
Ulangan Blok Semester I
|
Desember
|
-
Penilaian
hasil Ulum
-
Pengisian
Daftar Nilai
-
Pengisian
Raport
-
Pencapaian
TK/DS
-
Pengisian
Buku Induk
|
Guru
di sekolah masing-masing
|
7.
|
Kegiatan
Lomba
|
Mei
|
Lomba Kesenian Sunda Tingkat Gugus
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
8.
|
Persiapan
Ujian Sekolah
|
April
|
-
Persiapan
menghadapi Ujian Sekolah
-
Pembuatan
Daftar Pengawas
-
Pembuatan
Jadwal Pengawas
|
Ketua
Gugus
|
9.
|
Ulangan
Umum Semester II
|
April
|
-
Pembuatan
Naskah Ulangan Umum Semester II
-
Pembuatan
Kisi-kisi soal Ulangan Umum
-
Pembuatan
Analisis dan Penilaian
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
10.
|
Siswa
Teladan
|
Mei
|
Perlombaan Siswa Teladan tingkat Gugus
|
Ketua
Gugus
|
11.
|
Kreativitas
Siswa
|
Mei
|
Lomba Kreativitas Siswa tingkat Gugus,
Kecamatan dan Kabupaten
|
Ketua
Gugus
|
12.
|
Ujian
Sekolah
|
Juni
|
Pelaksanaan
Ujian
|
Kepala
Sekolah
|
13.
|
Evaluasi
dan Diskusi
|
Juli
|
Pencapaian
Program Gugus
|
Pengurus
KKG
|
BAB III
RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN
A. JENIS PROGRAM DAN TUJUAN
1.
Jenis
Program
§ Mengevaluasi Program yang
sudah dan belum dilaksanakan.
§ Melanjutkan Program yang
sedang berjalan.
§ Merumuskan jadwal pertemuan
guru pemandu/guru kelas/guru mata pelajaran.
§ Mempersiapkan, merumuskan,
dan menetapkan materi kegiatan dalam setiap
pertemuan.
§ Mensosialisasikan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP.
§ Diskusi dan Simulasi
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan/PAKEM.
§ Merumuskan dan mencoba
menyusun suatu RAPBS.
§ Menyusun Jadwal Pelajaran
Umum sesuai Standar Pelayanan Minimum.
§ Membuat Program
Pembelajaran Semester sesuai Standar Nasional Pendidikan dan
Standar
Kompetensi.
§ Pertemuan dan dialog
terbuka antara Pengurus KKG, SD Inti, Pengurus KKKS, dan
Pengawas TK/SD.
§ Membuat Kisi-kisi
soal/naskah Ulangan Umum Semester I dan II.
§ Membuat Naskah Ujian
Praktek.
§ Membuat Kisi-kisi soal
Ujian Sekolah dan Membuat Naskah Ujian Sekolah.
§ Mengikutsertakan perlombaan
Guru dan Siswa.
§ Aktif dan berperan dalam
Pendidikan dan Pelatihan atau Penataran tingkat
Kabupaten dan Propinsi.
2.
Tujuan
§ Memotivasi dan
mengembangkan kompetensi guru menuju sertifikasi guru
professional.
§ Meningkatkan kemampuan dan
kinerja profesional guru.
§ Melatih keterampilan guru dalam
mengimplementasikan Pembelajaran Kurikulum
2006/KTSP.
§ Membentuk kinerja tenaga
pendidik yang berdisiplin dan bertanggung jawab.
§ Menambah ilmu pengetahuan,
kemampuan teknologi, wawasan, dan kebersamaan
serta persaudaraan dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan.
§ Menyebarluaskan/memberitahukan
hasil penataran kepada teman sejawat dalam
lingkungan gugus dan
mengaktualisasikannya dalam proses pembelajaran.
§ Menciptakan proses PAKEM
pada setiap kegiatan pembelajaran di sekolah.
B. RENCANA ANGGARAN KEGIATAN TAHUN 20……..– 20……….
No.
|
WAKTU
|
RENCANA DAN JENIS
KEGIATAN
|
BESARNYA BIAYA
dalam rupiah
|
KET.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Juni 20……
|
Evaluasi Program Kegiatan yang telah
dan belum dilaksanakan
|
300.000,00
|
|
2.
|
Juli 20….
|
Perumusan dan Penyusunan Program
Kegiatan KKG
|
2.000.000,00
|
|
Rapat Koordinasi Pengurus KKG, Guru
Pemandu Mata Pelajaran, Kepala Sekolah, dan Pembina Gugus
|
||||
Kegiatan Penyusunan Jadwal Pelajaran
Umum dan Kelas
|
||||
Kegiatan Penyusunan Program Semester
|
||||
Pembenahan Ruangan kantor Gugus,
Papan Nama, Monografi, dan lain-lain
|
||||
3.
|
Agustus 20……..
|
Pelatihan pembuatan Kisi-kisi
Evaluasi Harian dan Semester
|
500.000,00
|
|
Pembuatan Naskah Soal Evaluasi
Harian
|
||||
Pelatihan pembuatan Analisis Hasil
Evaluasi
|
||||
4.
|
September 20…….
|
Penyusunan Kisi-kisi Ulangan Tengah/MID
Semester I
|
1.500.000,00
|
|
Pembuatan naskah soal Ulangan
Tengah/MID Semester I
|
||||
Rapat Evaluasi Program dan Kinerja
Gugus Triwulan I Semester I
|
||||
5.
|
Oktober 20……..
|
Pembuatan Agenda Harian
|
2.000.000,00
|
|
Seleksi Lomba Mata Pelajaran tingkat
Gugus
|
||||
6.
|
November 20……..
|
Penyusunan Kisi-kisi Soal Ulangan
Blok dan Ulangan Umum Semester I
|
600.000,00
|
|
7.
|
Desember 20…….
|
Pembuatan Naskah Soal Ulangan Blok
dan Ulangan Semester I
|
2.400.000,00
|
|
Seleksi lomba Guru dan Siswa/i
teladan tingkat Gugus
|
||||
Seleksi atlet olahraga dan Peserta
lomba Kesenian Porseni tingkat Gugus
|
||||
Rapat Evalusi Program dan Kinerja
Gugus Triwulan II Semester I
|
||||
8.
|
Februari 20…….
|
Rapat Kepala Sekolah se-Gugus I
|
1.200.000,00
|
|
Penyusunan Bimbel untuk Kelas VI
|
||||
Penyusunan Kisi-kisi Soal Ulangan
Tengah/MID Semester II
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
9.
|
Maret 20……
|
Pembuatan Naskah Soal Ulangan
Tengah/MID Semester II
|
2.100.000,00
|
|
Mengikuti Lomba-lomba tingkat
Kecamatan
|
||||
Rapat Evaluasi Program dan Kinerja
Gugus Triwulan III semester II
|
||||
10.
|
April 20…….
|
Penyusunan Kisi-kisi Naskah Ujian
Praktek untuk Kelas VI
|
1.000.000,00
|
|
Pembuatan naskah ujian Praktek Kelas
VI
|
||||
11.
|
Mei 20…..
|
Persiapan menghadapi Ujian Sekolah
Kelas VI : penyusuatan Kisi-kisi soal, pembuatan naskah soal, pembuatan
daftar dan jadwal pengawas ujian
|
1.200.000,00
|
|
Penyusunan kisi-kisi soal Ulangan
Umum Semester II
|
||||
12.
|
Juni 20…..
|
Pembuatan naskah soal Ulangan Umum
Semester II
|
1.500.000,00
|
|
Pengiriman Guru dan siswa/I teladan
ke tingkat Kecamatan/kabupaten
|
||||
Rapat Evaluasi Triwulan IV Semester
II dan rapat evaluasi tahunan Program dan Kinerja Gugus.
|
||||
J u m l a h |
16.300.000,00
|
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil evaluasi program dan kajian kegiatan gugus selama 2 tahun terakhir yang
kami jadikan sebagai bahan acuan atas peningkatan kualitas dan kuantitas
kegiatan dan kemajuan program gugus, ada beberapa hal yang kami garis bawahi
sebagai sebuah kesimpulan, yaitu :
1.
Revitalisasi
KKG merupakan upaya nyata untuk perbaikan dan peningkatan mutu KKG secara
langsung dan peningkatan mutu pendidikan secara umum, yang diharapkan akan
berimbas pula pada proses pengembangan professional guru.
2.
Kegiatan
Gugus merupakan kebutuhan penting bagi tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan
dalam melaksanakan profesinya guna tercapainya tujuan pendidikan nasional.
3.
Kegiatan
KKG sangat membantu pada proses terciptanya koordinasi yang baik antara
Sekolah, KKKS, Pengawas TK/SD dan komponen lain yang terdapat didalamnya.
4.
Dengan
kegiatan KKG yang terarah, terpadu, dan terintegrasi dengan baik, guru akan
dapat menambah luas wawasan kependidikannya, wawasan pengetahuannya, penguasaan
teknik pembelajarannya, sehingga akan dapat memacu kreativitas dan aktivitasnya
didalam menjalankan profesinya.
5.
Dengan
tingkat keaktifan yang signifikan dan pertemuan yang intensif dalam kegiatan
KKG guru dapat berbagi rasa dan pengalaman untuk peningkatan pembelajaran di
sekolah masing-masing.
6.
Membantu
guru dalam menentukan format-format administrasi yang berkaitan dengan proses
KBM.
B. Saran
Dengan berbagai pengalaman aktivitas
yang telah dilaksanakan selama ini, perlu kiranya kami mengemukakan beberapa
hal penting yang harus mendapat perhatian dan tanggapan dari pihak terkait,
baik berupa saran, pendapat, maupun rekomendasi. Hal-hal yang perlu kami
sampaikan adalah :
1. Dengan
keterbatasan sarana dan prasarana kegiatan KKG diharapkan tidak menjadikan
kegiatan KKG menjadi menurun dengan adanya dukungan material dan moril dari
unsur pendidikan, baik dari para Kepala Sekolah, Pengawas TK/SD, UPTD
Pendidikan Dasar, dan Dinas Pendidikan Kabupaten ................
2.
Diperlukan
adanya Dana Bantuan Langsung/Block Grand sebagai pendongkrak mutu pendidikan
melalui revitalisasi kegiatan KKG dan sarana pendukung media dalam bentuk media
cetak maupun elektronik yang memungkinkan kegiatan KKG dapat tersalurkan dengan
kemajuan teknologi dan komputerisasi dalam menyongsong era globalisasi.
3.
Perlu
adanya persamaan persepsi antar pengurus KKG dimanapun, tentang aktivitas dan
tingkat kemajuan yang diharapkan sesuai dengan standar mutu dan standar
kompetensi yang harus dicapai oleh setiap KKG.
4.
Proyek-proyek
pendidikan dan latihan, penataran dan pembekalan/sosialisasi dengan frekuensi
maksimal sangat diperlukan dan diharapkan langsung menyentuh lapisan pengurus
atau guru.
5. Semua
unsur satuan pendidikan baik dari tingkat kecamatan maupun kabupaten diharapkan
berusaha memprioritaskan kinerja bagi
peningkatan mutu satuan pendidikan sesuai dengan proposi dan eksistensinya.
6. Adanya
pengakuan/perhatian dan penghargaan timbal balik serta kepercayaan dari Dinas
Pendidikan, LPMP, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan bagi
KKG yang aktivitas dan kreativitasnya tidak diragukan.
7.
Pengurus
KKG perlu dilibatkan dalam merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang aktual
dan konseptual.
8.
Pengurus
KKG merupakan kegiatan guru yang memiliki dedikasi dan reputasi terpilih, oleh
sebab itu perlu kiranya menjadi prioritas utama dalam proses sertifikasi
professional guru.
LEMBAR
PENGESAHAN
KEGIATAN
KKG GUGUS I
KECAMATAN
...............
KETUA :
………………………………..
ANGGOTA :
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
Alamat
: ………………………………..
………………………………..
Kec. ............... - Kab. ...............
..............., ………………………………..
Menyetujui :
Kepala
UPTD Pendidikan Dasar Ketua
KKG
Kecamatan
............... Gugus
I,
…………………………. …………………………
NIP. ……………………… NIP. …………………….
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: CONTOH PROPOSAL PROGRAM KKG