Menumbuhkan Wibawa Seorang Guru

Menurut Henry Fayol, kewibawaan berarti hak memerintah dan kekuasaan untuk membuat kita dipatuhi dan ditaati. Ada juga orang mengartikan kewibawaan dengan sikap dan penampilan yang dapat menimbulkan rasa segan dan rasa hormat. Sehingga dengan kewibawaan seperti itu,anak didik merasa memperoleh pengayoman dan perlindungan.
Secara sederhana, wibawa dapat dimaknai sebagai kemampuan untuk mempengaruhi dan menguasai orang lain. Wibawa bisa muncul dari dua hal , karisma dan performa. Karisma biasanya muncul dengan sendirinya karena merupakan bawaan seseorang sejak lahir.

Pertama. Karisma biasannya berkaitan dengan hal-hal yang melekat pada pribadi seseorang, seperti postur tubuh, bentuk wajah, gaya bicara, tatapan mata, sampai cara berjalan. Seseorang yang karismatik tidak perlu belajar terlebih dahulu atau mengubah penampilan untuk mencari perhatian orang lain. Ia sudah memiliki daya pikat yang dibawanya sejak lahir. Dari sinilah munculnya kemampuan untuk membuat orang lain terpesona dan terpengaruh.

Kata karisma berasal dari bahasa Yunani, charizhesthai, yang berarti menolong. Makna konotasi teologis dari kata ini adalah bakat atau kekuatan yang dianugerahkan oleh Tuhan. Seperti itulah yang dikatakan oleh Clip R. Bell dan Billijack R. Bell dalam memaknai kata karisma di dalam bukunya, Magnetic Service . Didalam buku itu, Clip dan Billijack mengibaratkan karisma sebagai magnet. Sebuah magnet selalu memiliki kemampuan untuk memikat, menarik, menahan dan mencengkeram dengan kuat objek yang ada didekatnya.

Karisma memiliki sifat-sifat yang sama dengan sebuah magnet. Sifat-sifat karismatik yang termasuk dalam konteks ini adalah menarik perhatian seseorang, mengajak dan membawanya kearah tertentu, serta menahannya hingga orang tersebut tidak mau meninggalkan dirinya. Orang yang karismatik biasanya memiliki banyak pengikut yang fanatik dengan tingkat kekaguman yang luar biasa. Mereka tidak mau mengambil sikap dan keputusan tertentu sebelum ada penjelasan daei orang yang dikaguminya itu.
Karisma adalah keistimewaan yag bersifat pribadi yang berbentuk daya pikat dan pesona yang dimiliki seseorang untuk membuat orang lain tertarik dan terpengaruh. Seorang guru yang karismatik akan menghadirkan pengalaman yang unik bagi para siswa sehingga hatinya merasa tertawan. Hanya para siswa akan menjadi tawanan di tangan guru karismatik ini. Maka, bisa dibayangkan betapa mudahnya guru itu mengelola para siswa yang sudah tertawan dan “tak berdaya”.

Rasulullah SAW adalah sosok dengan karisma yang sangat tinggi. Banyak sekali hadist yang menceritakan gambaran fisik beliau yang sangat ideal. Hidung yang mancung, rambut yang hitam, rapi, ikal yang panjangnya sangat terukur., gigi yang putih bersih dan berjajar terawat; senyum yang sangat manis, badan yang tegap, kulitnya yang putih; tangan yang kekar, dan sebagainya, menunjukkan betapa fisik Rasulullah saw memiliki daya pikat dan daya pesona yang tinggi. Keadaan iu sangat mendukung kewibawaan Rasulullah saw. Belum lagi cara beliau berjalan, berbicara dan bercanda yang sangat menawan. Kesemuanya menyimpan dan memunculkan karisma. Tidak mengherankan jika banyak orang yang baru melihat sosok beliau sudah menaruh hormat dengan sendirinya. Kana kullu amrihi ajaba (setiap yang ada pada dirinya menakjubkan.

Seorang yang berwibawa dilukiskan oleh Allah dalam Al-Quran :
“Orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata keselamatan. Mereka itulah yang dibalasi dengan martabat yang tinggi karena kesadaran mereka, dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat didalamnnya.” [QS. Al-Furqan : 63 dan 67]

Menurut Sulani, kewibawaan termasuk maqam mahmudah yang dapat menolong manusia untuk memiliki kekuatan yang bersumber dari Allah. Untuk mencapai maqam ini, Al-Quran telah memberikan tuntunan kepada manusia, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran :
“Dan dari sebagian malam hendaknya kamu bersembahyang tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah : “Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara benar, dan keluarkanlah aku secara benar pula dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong." [QS. Al-Isra’ : 79-80].

Ayat tersebut menerangkan bahwa hendaklah kita memperbanyak sholat tahajud, karena sholat tersebut bisa membawa kepada kedudukan yang terpuji. Sehingga orang yang sering melaksanakan sholat tahajud dirinya memiliki pengaruh yang besar dan insya Allah akan diikuti ajakannya. Hendaklah para guru membiasakan diri untuk melaksanakan sholat tahajud, apalagi seorang guru yang tugasnya memberikan pelajaran kepada anak didik, sudah sewajarnya kalau ajakan tau perintahnya ingin diikuti. Oleh karena itu, tahajud akan membawa dampak kepada kita sebagai orang yang tawadhuk dan berwibawa.

Selain itu, penampilan fisik seseorang memiliki pengaruh terhadap kewibawaannya. Oleh karena itu, seorang guru tidak boleh bersikap cuek terhadap penampilan fisiknya. Jangan sampai karena alasan sibuk menangani anak-anak, seorang guru tidak memerhatikan penampilan fisiknya. Atau, karena waktu yang sempit dan genting, guru melangkah terburu-buru dihadapan para siswa sehingga terlihat lucu. Jika itu terjadi, niscaya kewibawaannya akan turun di hadapan para siswa. Tetap lah melangkah dengan tenang, tetapi menunjukkan kecekatan dalam menghadapi siuasi yang genting dan terburu-buru.

Kedua, Perkara yang bisa meningkatkan wibawa seseorang adalah performa, yaitu,kebiasaan yang lahir dari standar dan plan kerja yang dimiliki guru. Dibandingkan dengan karisma, performa lebih mudah dipelajari dan dibentuk karena tidak terkait dengan hal-hal yang sifatnya bawaan. Guru yang cerdas dan selalu bisa mengatasi persoalan akan terlihat lebih berwibawa daripada guru yang terlihat gagap dan jarang memberi solusi terhadap suatu masalah. Guru yang secara konsisten menunjukkan rasa tidak suka terhadap siswa yang melanggar aturan, lebih disegani siswa daripada guru yang tidak konsisten menampilkan ketidaksukaannya kepada pelanggar aturan. Guru dibilang tidak konsisten jika terkadang marah ketika melihat ada siswa yang melanggar aturan dan terkadang membiarkannya.

Secara bahasa, performa memiliki arti sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Jadi, peforma yang baik adalah daya pikat seseorang dalam menawan hati orang lain dengan prestasi kerja yang bagus. Berbeda dengan karisma yang terkait penampilan fisik, performa menitiberatkan pada bagaimana tampilan nonfisik seseorang. Biasanya, performa terwujud dalam bentuk sikap tegas, cerdas, sopan, konsisten, jujur dan selalu memiliki solusi saat menghadapi masalah.

Hal yang penting mengenai performa ini adalah konsisten. Untuk apa ketegasan dan kecerdasan kalau hanya muncul sekali saja, lalu tidak muncul di waktu lainnya. Sekali lagi, buat apa semua itu jika tidak dilakukan dengan konsisten. Hanyalaha kesia-siaan yang akan didapatkan. Tanpa konsistensi, ketegasan dan kecerdasan tidak akan mampu membentuk performa. Alhasil kewibawaan yang diinginkan tidak akan terwujud.

Kinerja yang bagus harus ditampilkan secara terus menerus di setiap waktu dan keadaan. Syukur bisa terus tingkatkan. Hanya dengan cara inilah performa seseorang akan terbentuk dengan kuat. Guru yang selalu mempersiapkan dirinya ketika hendak mengajar akan terlihat berwibawa daripada guru yang tidak siap. Bila kinerja guru kadang-kadang bagus dan terkadang buruk, maka siswa sulit menangkap performa gurunya. Dan kewibawaan guru tersebut akan jatuh di hadapan siswa.

Faktor paling utama adalah persiapan mental yang baik disamping persiapan rencana pembelajaran dan alat peraga. Tanpa persiapan mental, rencana pembelajaran dan alat peraga tidak akan membawa dampak positif. Sebab, itu hanyalah persiapan di tataran yang paling luar. Motivasi, keikhlasan dan antusiasme merupakan persiapan yang sangat esensial sebagai pendamping kesiapan dan penguasaan materi pelajaran atau alat peraga.

Tidak sedikit guru yang mengira bahwa sikap galak bisa membuat siswa menaruh hormat kepadanya. Menurut mereka, jika guru terlalu lembek maka anak akan ngelunjak. Namun, perlu dipahami bahwa siswa akan menghormati guru yang galak karena merasa takut. Disinilah seorang guru harus berpikir ulang apakah penghormatan seperti itu yang diinginkannya?

Seorang guru menginginkan penghormatan yang tulus dari para siswa, bukan penghormatan semu. Penghormatan yang semu membuat para siswa hanya taat aturan ketika ada guru. Ketika guru pergi, mereka akan kembali melakukan pelanggaran. Ketaatan itukah yang kita inginkan?

Sikap galak seorang guru biasanya muncul karena ia mencoba menutupi kekurangan, baik kekurangan pribadinya sendiri maupun sistem sekolahnya. Kemarahan guru karena tersinggung ketika dikritik siswanya merupakan cara untuk menutupi kekurangan diri. Apapun alasannya, meledaknya emosi guru yang melahirkan kemarahan, merupakan bukti bahwa kita tidak mampu mengendalikan dirinya. Ketidakmampuan inilah yang berusaha ditutupi guru hadapan siswa dengan bersikap galak.

Jika sikap galak ini dapat memberikan rasa takut kepada para siswa, mungkin masih lumayan. Lebih parah lagi jika sikap galak tersebut tidak mampu melahirkan rasa takut atau hormat sedikitpun. Ada banyak guru yang justru ditertawakan oleh siswanya ketika marah. Semakin marah sang guru, semakin geli pula siswa-siswanya. Sebab, siswa dengan tipikal tertentu malah tertarik untuk membuat sang guru marah. Mereka menyeringai puas ketika berhasil membuat guru itu marah. Dan, guru pun semakin kehilangan akal untuk mengatasi suasana semacam itu. Mau marah salah, didiamkan semakin salah. Dan, siswa-siswanya tetap sulit dikendalikan. Jika kondisi seeperti ini yang terjadi, hilang sudah wibawa guru tersebut.

Efek dari sikap galak rasa hormat semu atau rasa takut semata. Sebaliknya, penghormatan yang tulus dan sebenarnya hanya akan terlahir dari pengakuan siswa terhadap kelebihan gurunya, baik kelebihan secara lahir dari karisma, maupun performa yang dimilikinya. Itulah pilar dasar wibawa.

Description: Menumbuhkan Wibawa Seorang Guru
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: Menumbuhkan Wibawa Seorang Guru
Jun Junaidi

Penulis:

Judul Menumbuhkan Wibawa Seorang Guru
Jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengirimkan komentar

 
© Copyright 2010-2011 SD Negeri Satu Kec. Batu Ampar Kab. Kubu Raya All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.