KISI-KISI KURIKULUM KEGIATAN
ORIENTASI PENINGKATAN PEMAHAMAN PELATIH DAN PENDIDIK PAUD
No.
|
MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
|
Teori
|
Praktek
|
||
1
|
Kontrak
Belajar (Analisa Diri dan Analisa Kebutuhan):
a. Pemahaman
Peran Guru pada PAUD
b. Sikap
profesionalisme Guru
|
1
|
|
2
|
Konsep
Dasar PAUD
a. Holistik
integrative
b. Terpadu
dan berkesinambungan
c.
DAP
|
2
|
1
|
Tumbuh Kembang Anak 0 – 6 Tahun
a. Aspek perkembangan
b. Tahapan Perkembangan anak
c.
Faktor yang mempengaruhi
perkembangan
d. Cara Anak belajar
e. Dukungan guru untuk pertumbuhan dan perkembangan anak
|
2
|
1
|
|
4
|
Gizi dan Perawatan Anak 0 – 6 Tahun
a. Pentingnya gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak dan
kecerdasan anak
b. Kebutuhan gizi untuk anak sesuai usia
c.
perawatan dasar kesehatan
anak
d. Dukungan guru untuk gizi dan perawatan anak
|
2
|
|
5
|
Bermain pada Anak Usia 0 - 6 Tahun
a. Pentingnya bermain bagi anak
b. Macam-macam jenis kegiatan bermain
c.
Kegiatan bermain yang
sesuai dengan tahapan perkembangan anak
d. Dukungan guru untuk kegiatan main anak
|
2
|
|
6
|
Penataan lingkungan dan alat main
a. Pentingnya penataan lingkungan
b. syarat penataan lingkungan in door dan out door
c.
Penataan lingkungan
sesuai tahapan perkembangan anak
d. Dukungan guru menyiapkan lingkungan bermain yang mendukung semua
aspek perkembangan anak
|
1
|
2
|
7
|
Pengelolaan kegiatan bermain
a. Bermain sensorimotorik
b. Bermain peran
c.
Bermain pembangunan
o
Bermain mengenalkan
konsep matematika
o
Bermain mengenalkan
konsep sain
d. Dukungan guru selama dan sesudah anak bermain
|
1
|
3
|
8
|
Pembuatan Rencana Pembelajaran
a. Pengertian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b. Menyusun Silabus
c.
Menyusun Rencana
Pembelajaran
|
1
|
2
|
9
|
Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak
a. Macam-macam teknik penilaian
b. Pelaksanaan penilaian pada PAUD
c.
Bentuk pelaporan
|
1
|
1
|
10
|
Pendidikan Keorangtuaan (Parenting)
a. Pentingnya kegiatan parenting untuk mendukung keberhasilan anak
b. Berbagai macam kegiatan parenting
|
1
|
|
11
|
Pendidikan Karakter
a. Nilai-nilai karakter pada anak usia dini
b. Teknik Pengenalan dan penanaman karakter pada anak usia dini
c.
Memasukkan pendidikan
karakter pada kegiatan harian lembaga PAUD
|
2
|
|
12
|
Micro teaching
a. Menetapkan aspek apa yang akan dikembangkan
b. Konsep pengetahuan apa yang akan dibangun pada anak
c.
Sikap apa yang diharapkan
dari anak
d. Kegiatan main apa yang disiapkan guru
e. Bagaimana guru mengelola kegiatan main tersebut
|
2
|
4
|
Evaluasi
Orientasi
|
|||
Jumlah
|
18 Jam
|
14 Jam
|
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: Kisi-Kisi Kurikulum Kegiatan Orientasi Peningkatan Pemahaman Pelatih dan Pendidik PAUD
0 comments:
Posting Komentar
Terima kasih telah mengirimkan komentar