Mengapa Identitas Siswa dan PTK Tak Bisa Diubah Pada Patch 2.07

Assalamualaikum dan selamat pagi buat para pengunjung blog ini...

Udah banyak yang udah tau ya klo identitas siswa dan PTK pada patch 2.07 Dapodik digembok? Kira-kira apa alasan hal tersebut dilakukan? Mari kita bahas sedikit mengenai digemboknya nama dan tanggal lahir Siswa maupun PTK seperti yang saya kutip di bawah ini:

"Nama dan tanggal lahir siswa dan pendidik dan tenaga kependidikan pada database Data Pokok Pendidikan (Dapodik) akhirnya dikunci. Operator sekolah tak lagi bisa mengubah atau mengganti nama dua entitas pendidikan tersebut.

Penguncian itu dilakukan lantaran banyak operator sekolah yang mengubah nama siswa dan guru mutasi. Mereka tidak melakukan prosedur yang ditetapkan, yaitu misalnya ada guru yang dimutasi, operator tinggal menempatkannya pada isian PTK Keluar. Operator malah melakukan kesalahan yakni mengganti identitas guru yang mutasi dengan identitas guru yang baru masuk.


Pada sistem database, mesin membaca sebuah data bukan berdasarkan teks, melainkan kode primary key yang dinamakan Global Unique Identifier (GUID). Cara kerjanya berbeda dengan manusia yang mengidentifikasi pemilik data melalui nama. Sehingga, ketika operator mengubah sebuah identitas, mesin tak ‘mengakuinya’ dan tetap mengidentifikasi pemilik identitas baru sebagai identitas lama. Pengubahan identitas tersebut mengakibatkan inkonsistensi data terekam di sistem database."


Saya  merasa sangat kecewa sedikit dengan tindakan penguncian identitas siswa dan PTK tersebut, karena setahu saya waktu dikeluarkannya patch 2.03 yaitu patch dapodikdas 2013 yang pertama kali diluncurkan sepertinya untuk penginputan data siswa serta PTK yang  masuk maupun keluar belum bisa dilakukan, setelah patch 2.05 diluncurkan pada dua bulan berikutnya hal tersebut baru bisa dilakukan.

Sebagai operator yang bertanggung jawab terhadap pengerjaan dan pelaksanaan proses penginputan data sekolah, PTK dan siswa wajar jika terjadi kesalahan prosedur penginputan dengan cara mengganti PTK yang sudah mutasi dengan PTK yang baru, siswa yang sudah mutasi dengan siswa yang baru, karena belum ada penjelasan yang lebih detail mengenai patch yang pertama sedangkan operator banyak juga yang didesak oleh PTK baru agar data mereka dimasukkan ke dalam aplikasi.

Kira-kira buat teman-teman operator yang lain kecewa gak? Sabar aja bung semua pekerjaan pasti ada kekurangan dan kelemahannya, gak ada operator yang sempurna dalam bekerja kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Sekian dan salam sejahtera semoga pekerjaan kita hari ini dan kedepannya lebih baik dan sukses.

Description: Mengapa Identitas Siswa dan PTK Tak Bisa Diubah Pada Patch 2.07
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: Mengapa Identitas Siswa dan PTK Tak Bisa Diubah Pada Patch 2.07
Jun Junaidi

Penulis:

Judul Mengapa Identitas Siswa dan PTK Tak Bisa Diubah Pada Patch 2.07
Jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengirimkan komentar

 
© Copyright 2010-2011 SD Negeri Satu Kec. Batu Ampar Kab. Kubu Raya All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.