CARA MENGATASI MASALAH LUPA

Salah satu kesulitan siswa dalam belajar adalah adanya unsur lupa. lupa terjadi diantaranya kare informasi dalam memory jangka pendek tidak pernah ditransfer ke memory jangka panjang. Dapat pula lupa terjadi karena kita kehilangan kemampuan untuk mengingat informasi yang ada di dalam memory jangka panjang.


Menurut pendapat Postman dan Underwood (1999 : 22) Bahwa orang lupa terjadi karena adanya Interferensi (hambatan). Hal ini terjadi bila informasi yang telah dipelajari sebelumnya hilang karena informasi baru agak mirip dengan informasi yang terdahulu. Guru harus memperhitungkan keterbatasan kapasitas memory jangka pendek dengan memberi siswa waktu untuk menyerap dan melatih (yaitu: mengulang-ulang secara mental) informasi baru sebelum memberikan siswa pelajaran tambahan, berikanlah banyak contoh, gambar atau penjelasan yang akurat.

Menurut Abdurrahman (1999), ada dua strategi memory yang sering digunakan oleh anak yang tidak mengalami hambatan atau kesulitan belajar, dan sebaliknya, yaitu dengan pengulangan dan pengorganisasian. Anak "Lemah" tidak memilik banyak strategi penyelesaian masalah memory dan mereka perlu belajar secara langsung strategi tersebut, antara lain dengan teknik "Nimanik" (Mnemonic)  atau "Strategi Huruf Aal", yaitu cara praktis untuk mengingat sesuatu. Sebaiknya siswa sendiri yang menyusun Nimanik tersebut, dengan demikian dia akan lebih lama ingat. Pengetahuan tentang cara menghafal aturan sangat diperlukan siswa. Sebagai contoh, untuk mempermudah dalam Operasi Hitung Dasar Matematika, jika dalam suatu soal terdapat beberapa operasi hitung maka operasi yang harus didahulukan berturut-turut adalah kali, bagi, tambah dan kurang.

Dalam operasi perkalian pecahan, dapat digunakan "BILKABIL PER BUTKABUT" artinya pembilang kali pembilang per penyebut kali penyebut, sedangkan untuk operasi penjumlahan pecahan menggunakan "BUTSAMA BILJUMLAH" artinya penyebut disamakan kemudian pembilang dijumlahkan. Guru atau siswa dapat menciptakan teknik-teknik lain untuk mengingat sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Description: CARA MENGATASI MASALAH LUPA
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: CARA MENGATASI MASALAH LUPA
Jun Junaidi

Penulis:

Judul CARA MENGATASI MASALAH LUPA
Jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :
 
© Copyright 2010-2011 SD Negeri Satu Kec. Batu Ampar Kab. Kubu Raya All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.