Efektifitas Kinerja Guru Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Suatu negara pasti memiliki Presiden, Wakil Presiden, dan dibantu oleh para Menteri. Guru kelas merupakan presiden yang berkedudukan di dalam kelas. Dalam menjalankan roda pemerintahan di dalam kelas, guru kelas dibantu oleh Ketua Kelas dan perangkat kelas lainnya.
Guru kelas adalah orang yang bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berada di dalam kelas. Dalam menjalankan tugasnya, guru harus memiliki garis-garis besar yang tertuang dalam rencana agenda kelas, program semester, dan program tahunan. Pertanyaannya adalah "Kapan Anda sebagai guru membuat kesepakatan menyusun agenda kelas, program semester, dan program tahunan?" Jawabnya : Ketika Anda ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah sebagai guru kelas. Dan ketika Anda ingin melibatkan murid-murid Anda dalam proses pembelajaran dan pengelolaan di dalam kelas, Cohen dan Manion (dalam Madya, 2007 : 3). Dengan kata lain Anda ingin meningkatkan praktek pembelajaran dan pengelolaan dalam kelas Anda.

Dapat dikatakan bahwa tujuan utama pengelolaan kelas adalah untuk mengubah perilaku siswa di dalam kelas Anda, atau mengubah kerangka kerja dalam melaksanaan pembelajaran yang lebih baik. Jadi pengelolaan kelas oleh guru kelas dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dam untuk memecahkan masalah yang ada di dalam kelas yang pada gilirannya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sementara itu guru kelas berfungsi sebagai :
  1. orang yang dapat mengatasi masalah-masalah didalam kelas;
  2. orang yang bisa mendiagnosis siswa yang mempunyai masalah;
  3. orang yang mampu memberi berbagai pelatihan kepada siswa yang mendorong timbulnya kesadaran diri;
  4. orang yang bisa memasukkan sistem (pendekatan dan inovatif) ke dalam ruang kelas;
  5. orang yang dapat mengkomunikasikan siswa-guru, siswa-kepala sekolah, siswa-orang tua/wali, dan
  6. orang yang bisa memasukkan berbagai alternatif kebutuhan kelas terhadap pemecahan masalah  di dalam kelas (Rosidan, 2004 : tanpa halaman).
Ada dua butir penting yang perlu disebut disini. pertama, tugas guru kelas di dalam mengelola kelas dalam bentuk fisik. Hal ini disebut seorang yang kreatif. kedua, tugas guru kelas di dalam mengelola kelas dalam bentuk spikis. Hal ini disebut sebagai seorang pendidik.

Selanjutnya, untuk memberikan arah yang jelas dan operasional berdasarkan latar-belakang tersebut dapat dirumuskan masalah artikel ini sebagai berikut : Bagaimanakah mengefektifkan kinerja guru kelas dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa? Adapun tujuan artikel ini adalah mengefektifkan kinerja guru kelas dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa.

Description: Efektifitas Kinerja Guru Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: Efektifitas Kinerja Guru Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Jun Junaidi

Penulis:

Judul Efektifitas Kinerja Guru Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Jika ingin menyalin (copy-paste) artikel ini, sertakan link dibawah ini sebagai sumbernya :

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengirimkan komentar

 
© Copyright 2010-2011 SD Negeri Satu Kec. Batu Ampar Kab. Kubu Raya All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.