NO
|
TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU
|
HASIL ANALISIS KAJIAN ATAU KESIMPULAN DARI
DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL PENGAMATAN
|
BUTIR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
|
HASIL PENILAIAN
|
||
YA
|
TIDAK
|
|||||
I
|
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
|||||
1.
|
Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang
akan dicapai.
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Tujuan pembelajaran memuat gambaran
proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kebutuhan belajarnya
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Tujuan pembelajaran disesuaikan
dengan kebutuhan belajar peserta didik
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3;
(75%<x≤100%)=4]
|
||||
2.
|
Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Keluasan dan kedalaman bahan ajar
disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan
lambat,motivasi tinggi dan rendah)
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Bahan ajar dirancang sesuai dengan
konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
||||
|
d.
|
Bahan ajar dirancang dengan
menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
3.
|
Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Strategi, pendekatan, dan metode
pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
/kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Strategi dan metode pembelajaran
yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Strategi dan metode pembelajaran
yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan
psikomotor peserta didik.
|
||||
|
d.
|
Setiap tahapan pembelajaran diberi
alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas
materi dan/atau kebutuhan belajar
peserta didik.
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
4.
|
Guru memilih sumber belajar/ media
pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Sumber belajar/media pembelajaran
yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi
yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media
audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Sumber belajar/media pembelajaran
termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya
lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe,
dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Sumber belajar/media pembelajaran
yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan
psikomotor peserta didik.
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3;
(75%<x≤100%)=4]
|
||||
II
|
||||||
5.
|
Guru memulai pembelajaran dengan
efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Melakukan apersepsi
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dalam rencana kegiatan
|
||||
Setelah pengamatan:
|
||||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
6.
|
Guru menguasai materi pelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Kemampuan menyesuiakan materi
dengan tujuan pembelajaran.
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Tingkat ketepatan pembahasan dengan
materi pembelajaran.
|
||||
|
d.
|
Kemampuan menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari
konkrit ke abstrak)
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
7.
|
Guru menerapkan pendekatan/strategi
pembelajaran yang efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan dicapai
|
||
|
b.
|
Melaksanakan pembelajaran secara
runtut
|
||||
Selama pengamatan:
|
c.
|
Menguasai kelas
|
||||
|
d.
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual
|
||||
Setelah pengamatan:
|
e.
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
|
||||
|
f.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
8.
|
Guru memanfaatan sumber belajar/media
dalam pembelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Melibatkan siswa dalam pembuatan
dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
9.
|
Guru memicu dan/atau memelihara
keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa
melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Merespon positif partisipasi siswa
|
||||
c.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap
respons siswa
|
|||||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang kondusif
|
||||
|
e.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme
siswa dalam belajar
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
10.
|
Guru menggunakan bahasa yang benar
dan tepat dalam pembelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik
dan benar
|
||||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang
sesuai
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
11.
|
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan siswa
|
||
Selama pengamatan:
|
||||||
Setelah pengamatan:
|
b.
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
III
|
||||||
12.
|
Guru merancang alat evaluasi untuk
mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Kesesuaian teknik dan jenis
penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Alat tes dirancang untuk dapat
mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau
psikomotorik.
|
||||
c.
|
Rancangan penilaian portofolio
peserta didik minimal 1 kali per semester.
|
|||||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Hasil analisis penilaian sebelumnya
(UH, UAS, UN) digunakan untuk
keperluan program perbaikan (remedial,
pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan
pembelajaran)
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
13.
|
Guru menggunakan berbagai strategi
dan metode penilaian untuk memantau
kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu
sebagaimana yang tertulis dalam RPP.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menggunakan teknik penilaian
otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau
kemajuan belajar peserta didik.
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menggunakan teknik penilaian
(ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk
mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau
psikomotor.
|
||||
c.
|
Menerapkan penilaian portofolio
dalam bentuk berbagai tugas terstruktur
|
|||||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Menggunakan alat penilaian yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam
RPP.
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
14.
|
Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan
balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menggunakan hasil analisis
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang
dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta
didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
||
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menggunakan hasil penilaian untuk
menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
||||
c.
|
Melaporkan kemajuan dan hasil
belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik
sebagai refleksi belajarnya.
|
|||||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Memanfaatkan hasil penilaian secara
efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah
potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
|
||||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
|
||
|
|
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
||||
|
|
|
|
|
||
|
Total Nilai Kinerja Guru
|
|||||
Konversi Total Nilai Kinerja Guru
ke Skala 100 (Permenneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, pasal 15)
|
||||||
Kategori Nilai Kinerja Guru
|
Rating: 4.5
Reviewer: Jun Junaidi
ItemReviewed: Format Penilaian Kinerja Guru Bag. 2